Monday 17 February 2014

Cara Menggunakan Twitter


logo twitter

Pada umumnya, orang baru di twitter sudah pernah mencoba menggunakan jejaring sosial facebook. Walaupun begitu, bukan berarti hal yang mudah bagi mereka untuk mencoba twitter untuk yang pertama kalinya, setidaknya adalah bengong dengan tampilan twitter sekitar seminggu baru benar benar paham cara pemakaiannya.

Disini saya akan mencoba menjabarkan beberapa hal yang dapat membantu anda dalam menggunakan twitter untuk pertama kalinya

Cara Menggunakan Twitter


1. Melengkapi Profil 

Profil atau biografi adalah hal yang penting dalam jejaring sosial, karena ini mengenai tentang bagaimana seseorang mengenal Anda, jadi hal ini juga bereran langsung dalam meningkatkan follower Anda. Pada umumnya pengguna twitter lebih suka memfollow akun dengan biografi yang jelas. karena itu pastikan anda mengisinya dengan benar, tidak perlu terlihat cukup bagus, cukup dengan memberikan data singkat dan topiik yang kita sukai sehingga profil kita akan terlihat lebih menarik untuk difollow

Profil Twitter

2. Mengupdate Tweet

Sama halnya dengan mengupdate status di facebook, twitter juga demikian. Perbedaan yang paling mencolok diantara keduanya adalah pada twitter, tulisannya dibatasi sebanyak 140 karakter, kenapa? namanya juga kicauan,jadi tidak ada yang panjang. Selain tulisan, kita juga bisa menambahkan link dan foto pada tweet tersebut.

Update tweet baru

3. Diskusi dengan kata kunci tertentu

Nah ini dia fitur yang baru baru ini juga terdapat di facebook. Fitur ini sendiri disebut juga dengan hastag, penggunaannya diawali dengan karakter pagar "#". Setiap pengguna dapat berkumpul dalam satu hastag. setelah di post, maka hastag tersebut muncul sebagai link, ketika kita klik linknya maka itulah pengguna yang sedang membicarakan hal yang sama dengan kita.
Diskusi trending topik di twitter

Dalam pengguanan Twitter, jauhkan diri anda dari hal hal berikut: 


1. Hanya memposting yang isinya Promosi

ini tidak berlaku bagi semua pengguna, kalau penggunanya memang menggunakan nama akun  dan logo untuk berjualan sih tidak masalah, nah bagaimana kalau individu yang melalukan itu, terus berulang ulang lagi, bisa bisa ia kehilangan  sebagian followernya

2. Terlalu pelit memfollow orang lain

terkadang twitter itu ia juga mengikuti hukum newton 3, F aksi = F reaksi. Kalau kita mau banyak yang follow, maka kita juga harus banyak memfollow orang. Entar setelah difollow jangan lupa tuk meninggalkan tweet di timeline nya,, "follbek ya :D "

Beberapa istilah penting Twitter


  • Reply: istilah ini digunakan jika kita ingin membalas tweet yang ditujukan pada kita. Maka dari itu, jika ingin memberi merespon atau membalas tweet orang yang kita ikuti bisa dengan klik tombol “Reply”.
  • ReTweet atau RT: istilah ini artinya mengulang dan digunakan untuk men-Tweet ulang Tweet seseorang yang kita anggap penting, bermanfaat, atau keren. Sehingga apa yang kita ReTweet tersebut akan dilihat juga oleh follower kita.
  • Follower (pengikut): istilah ini digunakan bagi mereka yang menjadi pengikut kita di Twitter. Para follower ini akan mendapatkan update dari tweet yang kita buat.
  • Following (mengikuti): istilah digunakan untuk akun twitter yang di ikuti. Maka jika kita mengikuti (following) akun twitter orang lain maka kita juga akan menerima update dari mereka.
  • @ (mention) : simbol @ tersebut disebut juga Mention yang berfungsi untuk memberi pesan atau seruan yang ditujukan pada orang yang follow kita. Misalnya menulis tweet “@Guecakep di tunggu traktiranya “, artinya pesan tersebut menyeru pada pemilik akun  twitter dengan ID Guecakep.
  • Trending Topic: Merupakan istilah yang digunakan untuk topik atau isu yang sedang booming ramai dibahas di Twitter. Trending topik ini bisa menampilkan topik trend secara global maupun regional, tergantung pengaturan kita.
  • Direct Message (DM) : Fitur yang digunakan untuk mengirim pesan pribadi dan hanya akan dilihat oleh penerima DM saja.
  • Connect : ini adalah fitur baru Twitter Connect yang berfungsi untuk mengetahui segala aktifitas yang terjadi di twitter, mulai dari mention, retweet, tweet favorit, orang yang mem-follow, dan interaksi pengguna dengan pengguna lain.


2 comments:

  1. artikel nya bagus... izin copas untuk tugas kuliah ya.. :)

    ReplyDelete
  2. Jadi begitu ya gan cara menggunakan akun twitter, makasih untuk infonya gan :D


    Jangan Lupa Untuk Kunjungi Balik ya gan, Blog Saya Di : Taufiq Rahman



    Atau



    www.rahman371.wordpress.com



    Terimakasih :D

    ReplyDelete

Cara Mengurangi Kehilangan Point SERP di Blogspot

Hasil akhir pada SERP (hasil dari pencarian search engine) adalah hasil dari pertarungan point seluruh web yang menggunakan keyword pencari...